Fungsi obat penumbuh bakteri septic tank

Masih banyak masyarakat Indonesia yang memakai septic tank tradisional yang hanya mempunyai fungsi penyimpanan limbah tinja saja. Septic tank jenis ini sering bermasalah seperti adanya bau, kapasitas septic tank yang hampir penuh, mampet pada saluran kloset, dan masalah lainnya. Saat itulah para pengguna biasanya memakai obat penumbuh bakteri septic tank untuk mengatasi masalah – masalah tersebut.

Obat penumbuh bakteri ini ternyata sangat efektif untuk menuntaskan masalah – masalah yang sering muncul pada septic tank konvensional. Fungsi apa saja yang ada pada obat penumbuh bakteri ini, berikut ini merupakah ulasan dari fungsi – fungsinya.

  1. Membunuh kuman yang berbahaya

Menyimpan limbah rumah tangga dalam satu tempat yang tertutup pastinya akan menjadi tempat yang ideal untuk tumbuhnya kuman dan bakteri yang berbahaya. Kuman dan bakteri yang dimaksud seperti disentri, kolera, bahkan tifus yang sering muncul karena kurangnya kebersihan sanitasi. Oleh karena itu, fungsi obat penumbuh bakteri septic tank sangat dibutuhkan.

Hal ini karena, biasanya obat ini dilengkapi dengan fungsi membunuh kuman dan bakteri jahat pada septic tank. Caranya dengan menekan jumlah kuman dan bakteri jahat dengan bakteri baik yang dibawah oleh obat penumbuh bakteri tersebut. Dengan begitu, kuman yang ada pada septic tank akan mati.

  1. Menghindari kontaminasi sumber air

Septic tank biasa atau yang tradisional biasanya tidak dilengkapi dengan sistem filtrasi yang memadai. Hal ini membuat limbah cair dari septic tank ini bisa saja mencemari lingkungan apalagi sumber air. Terlebih lagi jika letak septic tank tidak bisa dihindari untuk berdekatan dengan sumber air.

Namun sumber air bisa terjaga kualitasnya dengan obat penumbuh bakteri ini. Hal ini karena obat ini akan membuat kualitas limbah cair setidaknya lebih aman untuk dibuang di saluran biasa. Jadi, tidak akan mencemari tanah maupun lingkungan sekitar.

  1. Solusi bagi wc mampet

Jika WC di rumah mampet biasanya karena ada penumpukan limbah padat organik yang tidak disaring dan dibersihkan secara sempurna. Fungsi obat penumbuh bakteri untuk menguraikan padatan tersebut. Hal ini membuat WC yang awalnya mampet menjadi lebih lancar bahkan bisa berjalan dengan normal kembali.

  1. Menetralisir bau

Karena fungsi obat penumbuh bakteri membawa bakteri yang baik yang dibutuhkan oleh septic tank untuk menguraikan limbah tinja dan menekan bakteri yang buruk, otomatis obat penumbuh bakteri septic tank ini juga memiliki fungsi menetralisir bau. Bahkan ada beberapa obat yang formulasinya dirancang supaya mengeluarkan bau tertentu jika digunakan. Sangat efektif untuk mengurangi bau yang ada di dalam septic tank ataupun di sekitarnya.

  1. Mengurangi isi septic tank

Obat penumbuh bakteri ini biasanya juga dilengkapi dengan bakteri pengurai sehingga mempunyai fungsi pengurai limbah tinja didalam septic tank. Jika limbah tinja dalam septic tank diuraikan hal ini bisa mengurangi isi septic tank, tetapi tetap saja memerlukan penyedotan dengan jangka waktu yang lebih lama. Oleh karena itu isi septic tank bisa berkurang dan bisa dipakai jauh lebih lama lagi.

Itulah fungsi obat penumbuh bakteri septic tank, obat ini umumnya memang digunakan pada septic tank jenis konvensional. Namun untuk rumah yang sudah menggunakan septic tank bio sudah tidak memerlukan obat penumbuh bakteri lagi. Karena pada umumnya septic tank bio sudah dilengkapi fitur yang bisa mengatasi masalah di atas.

Untuk membeli produk obat penumbuh bakteri ini Anda bisa membelinya di toko bangunan dan juga bisa membelinya di market place. Biasanya dijual dalam bentuk bubuk dan cair, untuk harganya sendiri tidak begitu mahal. Untuk pengaplikasiannya bisa Anda lakukan sesuai dengan prosedur pemakaian yang biasanya ditulis dalam kemasan produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *