Cara jitu agar wastafel tidak mudah tersumbat

Jasa sedot WC Mega Jaya, bisa memberikan solusi atasi masalah saluran yang mampet termasuk salah satunya wastafel yang tersumbat. Mungkin sebagian dari Anda pernah mengalami wastafel yang mampet setelah Anda mencuci piring atau mungkin air wastafel kamar mandi yang tiba-tiba meluap airnya. Untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada wastafel sebaiknya lakukan beberapa cara seperti yang disarankan oleh kami dalam artikel ini.

Atasi wastafel yang tersumbat

Wastafel merupakan salah satu bagian dari rumah yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Selain sebagai tempat mencuci piring di dapur, wastafel juga di pasang di kamar mandi sebagai tempat mencuci tangan. Wastafel tersebut selalu terhubung dengan saluran pembuangan yang akan mengalirkan air  menuju pipa pembuangan.

Tetapi saluran pembuangan tersebut sangat berpotensi mengalami penyumbatan atau mampet karena adanya kotoran atau benda yang menyumbat. Jika saluran tersebut mengalami penyumbatan tentu akan membuat aktivitas Anda menjadi terganggu. Jika sudah begitu Anda bisa menghubungi kami  yang siap mengatasi berbagai jenis penyumbatan saluran di wilayah Jawa TImur.

Jika Anda sering mengalami wastafel tersumbat padahal sudah menggunakan jasa pelancar saluran mampet untuk mengatasinya, kemungkinan Anda sering melakukan kebiasaan yang salah terhadap wastafel tersebut. Untuk itulah jasa sedot WC Mega Jaya memberikan beberapa solusi untuk mencegah agar wastafel tidak mudah tersumbat, berikut penjelasannya.

  1. Waspada terhadap ampas dan sisa makanan

Waspada terhadap ampas dan sisa makanan, Jasa sedot WC Mega Jaya menyarankan kepada Anda untuk tidak membuang sisa atau ampas makanan ke saluran wastafel. Tujuanya untuk mencegah wastafel bisa mampet, kenapa bisa begitu ?. Hal ini disebabkan karena minyak dan lemak yang berasal dari makanan atau pencucian peralatan memasak biasanya akan menempel dan mengendap dibagian saluran pembuangan. Jika sisa makanan tersebut dibuang ke saluran wastafel nantinya bisa bertumpuk dengan lemak yang menempel di saluran sehingga menimbulkan penyumbatan. Oleh karena itu sebaiknya buanglah sisa makanan ke kantong plastik khusus dan bersihkan peralatan memasak dari minyak sebelum dicuci di wastafel, dengan itu Anda dapat mencegah penyumbatan pada wastafel.

  1. Siram wastafel dengan air panas

Jika Anda merasa wastafel tidak berfungsi seperti biasanya atau air yang masuk kelubang saluran lambat turun, Anda harus antisipasi kemungkinan besar adalah wastafel Anda akan mengalami penyumbatan. Kami menyarankan untuk menyiram wastafel menggunakan air panas sebanyak 1-3 gelas. Dengan begitu minyak dan kotoran yang menyumbat bisa meleleh sehingga saluran wastafel kembali lancar. Lakukan cara ini minimal sekali dalam sebulan untuk mencegah agar saluran wastafel tidak mudah tersumbat.

  1. Membersihkan lubang pembuangan wastafel

Sedangkan untuk wastafel kamar mandi bisa Anda bersihkan secara rutin di bagian lubangnya agar kotoran tersebut tidak menumpuk dan bisa menyumbat saluran wastafel. Sangat disarankan untuk membersihkan lubang pembuangan wastafel tersebut setidaknya 1-2 kali seminggu, bersihkan secara rutin supaya menghindari wastafel yang mampet secara tiba – tiba.

  1. Memakai tiris pembuangan

Biasakan untuk memakai tiris pembuangan pada wastafel Anda, karena memang fungsi dari tiris pembuangan untuk memisahkan atau mencegah kotoran atau sisa makanan ke dalam saluran. Jika tiris pembuangan sudah terlihat penuh sebaiknya segera buang kotoran yang menumpuk tersebut dan bersihkan kembali. Jika di wastafel Anda tidak memiliki tiris pembuangan usahakan membelinya, bisa di beli di toko bangunan, tokoh peralatan rumah tangga, atau memesanya melalui tokoh online, harganya juga sangat murah.

  1. Gunakan plunger

jika cara-cara yang diatas tidak berhasil, cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan memakai alat penyedot atau plunger. Dalam hal ini Anda harus memastikan bagian atas plunger bisa menutupi seluruh bagian lubang pembuangan kemudian tekan dan tarik plunger dengan kuat sekitar 8-10 kali. Dengan begitu biasanya kotoran yang menyumbat saluran wastafel akan ikut tersedot bersama dengan plunger.

Melalui penjelasan diatas dapat diketahui bahwa untuk mencegah agar wastafel tidak mudah tersumbat sebaiknya lakukan cara-cara diatas karena dijamin mudah dan murah. Tetapi jika Anda masih kesulitan untuk mengatasi masalah penyumbatan wastafel tersebut sebaiknya segera hubungi kami untuk memperoleh penanganan secara cepat dan tepat.

One Thought on “Cara Jitu Agar Wastafel Tidak Mudah Tersumbat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *