Cara memasang kloset jongkok

Kloset jongkok memang masih digunakan pada banyak rumah, maka tidak heran apabila ada orang yang hendak memasangnya. Nah, untuk cara memasang kloset jongkok sendiri sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan kloset duduk. Yang membedakan hanya kalau kloset jongkok, keramik dipasang setelah kloset selesai dipasang dan untuk kloset duduk keramik harus dipasang terlebih dulu.

Karena untuk memasang kloset ini bisa dibilang sulit, disarankan untuk memanggil tukang. Karena membutuhkan alat yang cukup banyak dan juga prosesnya yang mungkin melelahkan. Namun jika dirasa bisa melakukannya sendiri juga tidak ada salahnya.

Untuk Anda yang sedang mencari cara memasang kloset jongkok, perhatikan langkah-langkah di bawah ini dan lakukan sesuai dengan instruksi. Karena kalau barang satu langkah pun yang terlewat, bisa-bisa kloset jongkok Anda tidak akan terpasang dengan sempurna.

Cara Memasang Kloset Jongkok
Cara Memasang Kloset Jongkok
Alat-Alat yang Harus Disiapkan
  • Pipa PVC
  • Kloset jongkok
  • Batu batako/batu bata (5-6 buah)
  • Semen dan pasir

Step 1

Dari alat-alat yang sudah disiapkan tadi, ambillah pipa PVC berukuran 4 inch tersebut. Fungsi dari pipa PVC untuk pemasangan kloset ini supaya ada lubang untuk pembuangan dari kloset itu nantinya. Selanjutnya, pipa PVC ini harus dipotong kemudian cor lantai namun harus sesuai dengan tinggi dari pipa PVC tersebut.

Sesuaikan juga lubang pada pipa dengan kloset yang akan dipasang. Biasanya, ukuran yang ideal adalah dari dinding bagian samping sepanjang 45 cm dan dari dinding bagian belakang sepanjang 35 cm. Kalaupun tidak sebaiknya perbedaan ukurannya jangan sampai terlalu jauh.

Step 2

Di langkah yang kedua dalam cara memasang kloset jongkok ini, Anda diharuskan untuk membuat bentuk segi empat atau bentuk persegi pada lantai yang memiliki jarak dari lubang pipa PVC berukuran 3 cm dengan dinding. Apa gunanya? Ini dilakukan agar presisi dari kloset sendiri agak terbuka.

Ukuran ini harus benar-benar sesuai dengan merk dari kloset jongkok yang Anda punya. Namun tenang saja karena ukuran dari merk kloset satu sama lain biasanya juga tidak jauh berbeda sehingga tentu saja ukurannya kurang lebih juga sama.

Step 3

Jika langkah ke 2 semuanya sudah selesai dilakukan, kini saatnya untuk menyiapkan batako yang tadi dibutuhkan sekitar 5-6 buah batako. Untuk memasang batako ini, harus ada di bagian samping sebelah kiri, sebelah kanan dan juga di depan. Sebenarnya tidak harus menggunakan batu batako juga karena batu bata bisa menjadi opsi yang lain.

Setelah selesai memasang batako pada sisi-sisi tersebut, Anda harus mengoleskan sedikit saja adukan semen di atas batako-batako tersebut. Ini supaya batako menempel dengan rekat dan bisa tahan untuk jangka waktu yang lama. Belum selesai sampai disitu, kemudian berikanlah adukan semen pada sekeliling batako dan harus benar-benar rata. Tujuannya supaya pijakan dari kloset jongkok ini menjadi kuat.

Step 4

Selesai memberikan adukan semen pada sekeliling area, kini saatnya memasang kloset milik Anda. Namun sebaiknya jangan sampai semen sudah kering, tujuannya agar bentuk dari dudukan itu sendiri menjadi lebih fleksibel. Setelah memasangnya, Anda harus mencoba jongkok di atas pijakan yang tadi Anda buat agar ada sedikit tekanan.

Untuk meratakannya, nanti bisa menggunakan alat yaitu water pass. Kloset jongkok Anda akan terpasang dengan sempurna dan kering dalam beberapa hari. Barulah setelah itu Anda saat memasang keramik di sekitar kloset dan kamar mandi.

Sekian mengenai tips cara memasang kloset jongkok yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa memerlukan bantuan tukang. Harapannya, tulisan di atas bisa menambah pengetahuan Anda dan siapa tahu bisa menjadi referensi. Selamat mencoba dan semoga berhasil.!

2 Thoughts on “Cara Memasang Kloset Jongkok”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *